HISSI Bersama APSI Siap Berkolaborasi Penguatan SDM Bidang Kesyariahan

Jakarta – Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) adakan silaturahmi dengan APRI (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia) pada Kamis, 23 September 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal MPN HISSI, Dr. Kamarusdiana diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HISSI. Acara ini merupakan ajang silaturahmi antara pengurus HISSI dengan APSI sebagai bentuk penjajagan antara organisasi keilmuan dan praktisi dalam berkolaborasi untuk penguatan SDM bidang kesyariahan.

Acara diawali dengan penjelasan profil APSI yang disampaikan oleh Ketua Umum Dr. Sutrisno. APSI lahir di Semarang oleh Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum seluruh Indonesia dan sampai saat ini sudah tiga periode kepemimpinan. Kepengurusan melibatkan senior-senior dari UIN se-Indonesia atau Fakultas Syariah di swasta-swasta dengan tujuan program kerja dan visi-misi tercapai. APSI juga memiliki sertifikasi resmi terakreditasi A dari Mahkamah Agung untuk melaksanakan pelatihan bagi sarjana-sarjana syariah supaya menjadi advokat ekonomi syariah.

APSI juga bekerja sama dengan Fakultas Syariah dan Hukum UIN seluruh Indonesia untuk mengembangkan potensi lulusan sarjana muda dalam hal mengembangkan tempat merdeka belajar bagi mahasiswa yang ingin belajar merdeka di APSI dengan tujuan dapat menawarkan produk sertivikasi pelatihan konsultan ekonomi syariah. APSI juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga negara, seperti Baznas, Fakultas Syariah Swasta seluruh Indonesia, Lembaga Asosiasi Peneliti Dosen Ekonomi Syariah, dan lembaga hukum yang lain. Dalam bidang keuangan sudah bekerja sama dengan OJK dan dalam bidang ekonomi syariah sudah bekerja sama dengan komite nasional ekonomi syariah. Saya berharap akan memberikan kesempurnaan jika dapat bekerja sama dengan HISSI dalam hal mengembangkan kesyariahan dan membuka peluang potensi bagi lingkaran sarjana syariah di Indonesia, jelas beliau.  

Andi Syafrani selaku Sekretaris Umum DPP APSI, menyampaikan ibarat guru dan murid  antara HISSI dan APSI yang tidak dapat dipisahkan dan harus saling bersinergi untuk mengembangkan potensi dibidang kesyariahan khususnya terkait dengan ekonomi syariah dan dapat menambah kapasitas intelektual jajaran pengurus APSI karena semuanya bukan dari jajaran fakultas syariah dan hukum. Saya berharap adanya perumusan pokok pikiran yang relatif singkat dan padat namun akurat kemudian dituangkan dalam satu mata rantai pokok-pokok pemikiran syariah yang akan digelar bersama dengan melibatkan para pihak terkait, tegas beliau.

Azharuddin Latief salah satu pengurus HISSI menyampaikan bahwa HISSI dan APSI sama-sama memiliki niat memasyarakatkan syariah dan mensyar’ikan masyarakat, yang merupakan tageline dari HISSI. Walaupun ada irisan program yang sama akan tetapi tetap mengedepankan ukhuwah. Saya berharap silaturahmi ini akan terus berlanjut dan produktif merumuskan langkah strategis ke depan dalam menguatkan syariah di bumi NKRI tercinta ini, dan ada satu wadah organisasi bersama dalam mengeluarkan pernyataan atau pendapat yang bisa disumbangkan kepada Badilag atau Mahkamah Agung, tambah beliau.

Ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Prof Amin Suma selaku Ketua Umum MPN HISSI, setelah mendengarkan beberapa paparan yang disampaikan saya mohon agar dirumuskan permasalahan-permasalahan yang cukup mendasar apalagi mendesak, terlebih yang menjadi hambatan untuk mengimplementasikan hak-hak kesyariahan. Pada prinsipnya HISSI berpijak pada spirit keiilmuwan tidak kepada hal-hal yang sifatnya nyata di lapangan supaya tugasnya tidak tumpang tindih. Dengan adanya kerja sama antara HISSI dan APRI semoga dapat memberikan satu sumbangsih dalam bidang keilmuwan secara teoritis dan praktis di lapangan dan kiranya dengan adanya HISSI dapat dimanfaatkan dalam pelatihan-pelatihan minimal menjadi narsumber  dan yang muda ikut terlibat menjadi mediator atau pengacara, tambah beliau.  

Acara diakhiri dengan kata penutup dan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Ketua Umum APSI Dr. Sutrisno. Semoga dengan adanya silaturahmi dan kerja sama antara HISSI dan APSI untuk dapat berkolaborasi dan bekerja sama mengembangkan program-program kesyariahan dapat terlaksana dengan baik, khususnya dibidang praktisi hukum kesyariahan yang dikelola oleh APSI. (Husnul/Kominfo HISSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *