HISSI Siap Berkolaborasi dengan MUI Jawa Barat dan MUI Banten dalam Menghadapi Persoalan Kesyariahan di Masyarakat

Jakarta – Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) adakan Silaturahmi dengan MUI Banten dan Jawa Barat, Jum’at (17/09/21) melalui aplikasi Zoom Meeting yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal MPN HISSI, Dr. Kamarusdiana diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HISSI.

Acara ini sebagai ajang silaturahmi antara Pengurus HISSI dengan MUI Banten dan MUI Jawa Barat yang dimoderatori langsung oleh  Dr. KH. A. Mukri Aji, selaku Ketua MUI Kabupaten Bogor.

Ketua umum MPN HISSI Prof. Dr. KH. Muhammad Amin Suma dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada HISSI untuk bersilaturahmi dengan MUI Banten dan MUI Jawa Barat.  Beliau juga mengenalkan organisasi HISSI yang relatif muda dengan icon yang terdapat dalam Mars HISSI yang mempunyai makna adanya tekad dan kemauan untuk bersama-sama seluruh komponen bangsa indonesia khususnya organisasi keilmuan dan keagamaan agar turut menyuburkan bangsa dan negara indonesia tercinta.

Dr. KH. Asep Muhammad Romly selaku Ketua MUI Banten memberikan penghargaan dan selamat kepada kepengurusan HISSI meskipun terhitung baru akan tetapi sudah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai. Beliau juga mendorong agar HISSI mempunyai peranan yang besar karena HISSI merupakan satu-satunya organisasi yang menghimpun sarjana syariah pertama di Indonesia. Ruang lingkup HISSI sangat luas, dengan adanya Pandemi Covid-19 sumbangan pemikiran  sarjana syariah diharapkan mampu memberikan edukasi terkait pelaksanaan ajaran agama dan bertingkah laku serta mempunyai motto sebagai garda syar’i garda konstitusi dan garda NKRI, tegas beliau.

Sambutan bangga dan bahagia disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Rachmat Syafe’i, selaku Ketua MUI Jawa Barat. Beliau menyampaikan bahwa kebanggaan tersebut sangat beralasan dari segi kekuatan ilmiah, kompetensi dan kewenangan yang dimiliki anggota HISSI mampu menjadi pelopor bagi masyarakat luas. HISSI bukan hanya penting tapi tepat sekali muncul karena dengan banyaknya persolan yang menyangkut kesyariahan di masyarakat, bermodalkan keilmuan, legalitas, dan sarana yang menunjang diharapkan mampu untuk mendukung dalam meningkatkan kepecayaan umat kepada HISSI, tambah beliau.

Drs. H.M. Rafani Akhyar, Sekretaris MUI Jawa Barat dalam sambutannya menambahkan bahwa MUI Jawa Barat Mengusung tageline sinergi dan kolaborasi sebagai hasil penyelarasan dengan program Gubernur Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya cukup populer contoh english for ulama sebagai pendidikan kader ulama yang saat ini sudah angkatan kelima di Jawa Barat dan pernah mengirimkan utusannya ke Inggris dengan misi mengenalkan visi islam wasathiyah. Selain itu MUI Jawa Barat juga membuka ruang konsultasi bagi masyarakat terkait dengan problematika keagamaan setiap hari senin dan rabu. Beliau berharap HISSI dapat berkolaborasi dengan MUI Jawa Barat dalam memecahkan problematika keumatan yang sangat komplek dari irisan politik dan paham keagamaan, terlebih pada masa Pandemi Covid-19.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih tak terhingga yang disampaikan oleh Ketua Umum MPN HISSI kepada jajaran pengurus MUI Banten dan MUI Jawa Barat atas dukungan yang jelas dan tegas untuk HISSI dengan harapan mudah-mudahan HISSI dapat berkolaborasi dan bersinergi sesuai dengan yang diharapkan oleh MUI Jawa Barat untuk menghadapi persoalan-persoalan kesyariahan di masyarakat. Beliau juga berpesan kepada Ketua MUI Banten untuk dapat memberikan rekomendasi ulama  agar bersama-sama membangun HISSI dengan kekuatan ilmiah, amaliyah, dan akademik. (Husnul/Kominfo HISSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *