DPC HISSI Kota Metro Bersilaturahmi dengan Pimpinan HISSI

BANDAR LAMPUNG SYARIAH. Dewan Pengurus Cabang Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (DPC HISSI) Kota Metro bersilaturahmi dengan Ketua Umum sekaligus pendiri HISSI, Prof. Dr. Amin Suma.

Silaturahmi ini dilaksanakan pada Ahad 30 Desember 2018 pukul 07.30 di Lobby Hotel Astoria Bandar Lampung.

Perwakilan DPC HISSI Metro yang berkesempatan hadir adalah Nur Muhammad, M.Sy, Sekretaris Umum; Imam Mustofa, MSI, Ketua Bidang Publikasi; Em Sepri Ende, M.Sy, Ketua Bidang Pemberdayaan dan Ekonomi; dan Muhamad Nasrudin, MH, anggota Komisi Bidang Kajian dan Penelitian Hukum Islam.

Sembari sarapan, Prof. Amin Suma menyampaikan kabar baik bahwa HISSI saat ini sedang menata organisasi baik di level Nasional maupun daerah.

Tata organisasi di level pusat sedang dibenahi. “Saat ini juga, Alhamdulillah HISSI sudah memiliki gedung sendiri yang efektif digunakan mulai tahun 2019.” Kata Amin.

Beberapa program juga sudah mulai disiapkan, seperti kajian, riset, publikasi, dan berbagai jenis pelatihan dalam pengembangan ilmu syariah.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Umum HISSI Metro menyampaikan pesan dan salam dari Ketua Umum HISSI Metro, Siti Zulaikha, M.H. yang kebetulan sedang berada di luar kota.

Nur Muhammad melaporkan kondisi DPC HISSI Kot Metro dan struktur kepengurusan yang sudah terbentuk kepada Amin Suma.

Amin Suma menyambut baik hal tersebut sembari berpesan agar DPC HISSI Metro segera menyiapkan surat permohonan SK agar kepengurusan bisa segera disahkan dan dilantik. Agar roda organisasi bisa berjalan.

“Minimal ada pertemuan atau rapat sebagai wujud eksistensi organisasi.”, kata Amin. Baru nanti program-programnya diagendakan.

Amin menambahkan, jejaring HISSI ini sudah banyak. Kota Metro termasuk yang dekat secara geografis dengan pusat tetapi masih perlu dioptimalkan.

Imam Mustofa menyambung, bahwa HISSI ini sangat penting, terutama bagi perguruan tinggi, misalnya terkait dengan publikasi. Karena jurnal yang baik itu diterbitkan oleh Asosiasi Keilmuan.

Jurnal Fakultas Syariah IAIN Metro bisa bekerjasama dengan HISSI sehingga bisa lebih menasional. Amin Suma menerima masukan tersebut. Ia menambahkan, IAIN Batu Sangkar bahkan sudah kerjasama publikasi ilmiah dengan HISSI. [Nasrudin]